Senin, 27 April 2015

10 Lagu yang Didengarkan Kala Hujan

Sekarang itu udah nggak jaman lagi pas hujan cuman ngelamun sambil inget mantan terus nangis, banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya menikmati hujan ditemenin teh hangat sambil mendengarkan lagu-lagu yang disuka, walaupun ujung-ujungnya setelah dengerin lagu itu jadi inget mantan dan nangis juga hehe..
Beberapa waktu lalu saya diajak oleh teman untuk membuat daftar lagu yang biasanya didengarkan saat hujan, kemudian akan di publish  pada saat hujan paling romantis turun. Pertengahan bulan desember. Saya menyanggupi untuk membuat list ini bukan karena merasa mempunyai pengetahuan tentang musik lebih tinggi dibandingkan dengan para penonton dahsyat dan inbox yang tiap hari lalala yeyeye lho. Daftar lagu ini dibuat berdasarkan selera pribadi, kesukaan dan penuh dengan pendapat-pendapat dari sudut pandang saya sendiri.
Oke, ini dia #10LaguYangDidengarkanKalaHujan. Cekidot!

  1. Desember
    Saya benar-benar tidak ragu memilih lagu ini untuk berada di barisan teratas list lagu yang didengarkan saat hujan.  Lagu yang dinyanyikan oleh Cholil Mahmud ini benar bisa menyihir pendengarnya untuk tenggelam dalam keromantisan setiap rintik hujan. Petikan gitarnya yang sederhana, sedikit dentuman bass, ketukan drum yang seadanya namun tetap membawa lirik yang puitis masih menjadi ciri khas lagu efek rumah kaca, begitu pun dengan desember. Desember adalah lagu efek rumah kaca yang pertama kali saya dengarkan, dan saya langsung jatuh cinta. Entah kenapa kalo denger lagu ini suka bayangin cholil lagi merem melek nyanyi sambil menghayati lagu ini. Ini lagu syahdu yang pasti. :D
               Aku selalu suka sehabis, hujan di bulan desember
               Di bulan desember
  2. Mesin Penenun Hujan
    Nama aslinya kalau nggak salah Lani. Biasanya gadis belia berambut ikal ini kalo nyanyi cuman ditemenin piano, kecuali dalam lagu sepasang kekasih yang pertama bercinta diluar angkasa, frau duet sama Ugoran Prasad, vokalis Melancholic Bitch. Pantas saja, dalam mini albumnya yang berjudul Sralit Crousel (saya punya lho albumnya, dan asli. hehe) semua lagunya dimainkan hanya diiringi piano. Nada-nada yang naik turun, dan tempo yang tidak stabil merupakan ciri khas dari permainan piano musisi indie asal jogja ini.
    Mesin Penenun Hujan jadi favorit saya. Lagu ini lebih kurang berceritakan tentang keadaan-keadaan yang bertentangan dengan apa yang kita harapkan. Permainan piano frau yang mengalun indah dan didukung dengan suara khas frau yang merdu adalah perpaduan yang sangat pas untuk didengarkan saat hujan.
    Frau pernah tergabung dalam band semi instrumental bernama Southern Beach Terror, namun untuk yang satu ini saya tidak merekomendasikannya untuk didengarkan saat hujan.
    image

  3. Ada Musik di Dalam
    Saya kurang begitu yakin sebenernya siapa yang benar-benar vokalis sore ini. Hampir setiap personilnya mempunyai kemampuan bernyanyi yang oke, setiap lagu yang mereka nyanyikan vokalisnya beda-beda. Dalam setiap lagunya sore selalu menampilkan sebuah musik yang berbeda namun tetap mempunyai karakter “sore” itu sendiri, kadang membawakan lagu yang sendu dengan musik yang menyayat-nyayat hati, terkadang membawakan lagu dengan tempo yang cepat. 
    Keseluruhan lagu di album centralismo dan Port of Lima menurut saya sangat recomended untuk didengarkan kala hujan. Namun saya menjatuhkan hati untuk memilih lagu “Ada Musik Di Dalam” kedalam playlist #10LaguYangDidengarkanKalaHujan, karena dalam lagu tersebut suara vokalis lebih mirip orang yang sedang kumur-kumur daripada bernyanyi, yang jelas terdengar hanya saat si vokalisnya bilang “nasi uduk” di akhir lagu.

    image

  4. Blue Sky Collapse
    Menurut saya, Adhitia Sofyan merupakan jenis musik yang renyah dan mudah dicerna. Hampir semua lagu didominasi oleh suaranya yang santai dan petikan gitarnya yang lembut. Adhitia Sofyan-nya sendiri dalam laman myspace-nya lebih suka menyebut musik yang dia bawakan sebagai bedroom music, karena memang semua lagunya diciptakan dan dinyanyikan oleh dia sendiri (kok jadi kaya Ebith G Ade yaa..) kemudian direkam di kamarnya sendiri dengan peralatan recording yang dia punya sendiri, makanya Adhita Sofyan suka meng-upload lagu-lagunya baik yang masih berupa single ataupun yang masuk dalam album.
    Beberapa bulan kemarin Adhitia Sofyan baru saja merilis album kedua yang bertajuk “How To Stop Time” secara online dan free download. Namun saya tetap memilih lagu Blue Sky Collapse dari album “Quiet Down” untuk lagu yang dimasukan kedalam playlist ini. Lagu ini berkisahkan tentang seseorang yang ternyata belum mampu melupakan seseorang yang berarti buat hidupnya. Ini lagu yang hih banget.
           Still everyday I think about you
           I know for a fact that’s not your problem
           But if you change your mind you’ll find me hanging out to the place
           With a big blue sky collapse
  5. When You Love Someone
    Siapa yang menolak untuk mendengarkan lagu When You Love Someone-nya Endah n Rhesa di sore hari dengan rintik hujan yang turun? Terlepas dari lagu ini yang dijadikan backsound yang saya gunakan saat menyatakan perasaan kepada mantan saya beberapa tahun lalu, lagu ini memang sangat layak didengarkan saat hujan turun. Petikan gitar dan suara endah yang khas mampu membangkitkan suara romantis. When you love someone berceritakan tentang seseorang yang berusaha untuk memantapkan hatinya dan mengumpulkan keberanian untuk menyatakan perasaan kepada seseorang. Untuk lagu ini saya ngga’ mau berkomentar terlalu banyak. Titik.
     image
  6. Teman Hidup
    Begitu banyak penyanyi jazz di Indonesia yang terkenal, ada Tompi, Glenn Fredly, Indra Lesmana, Barry Likumahuwa, Matias Muchus -,- tapi entah kenapa saya memilih orang ini yang saya masukan lagunya kedalam list lagu yang didengarkan saat hujan. Nama aslinya Muhammad Tulus (kalo ngga’ salah). Saya pertama kali tau penyanyi ini dari seorang teman yang bilang kalo ada penyanyi yang suaranya lebih mantep dari Tompi. Saya kurang begitu mengerti tentang suara yang bagus itu seperti apa, yang pasti suara Tulus enak didengar,  swing swing jazzy gitu. Tulus menelurkan album pertamanya pada tahun 2011 dengan judul album sama “Tulus” yang terdiri dari 10 lagu. Saya memilih lagu Teman Hidup untuk dimasukan kedalam daftar lagu yang didengarkan saat hujan.Selain karena lagunya bagus, teman hidup juga punya lirik yang romantis. Saya ada renana untuk menjadikan lagu ini sebagai backsound ketika menyatakan perasaan kepada seseorang, menggantikan When You Love Someone-nya Endah n’ Rhesa hehe
               Bila didepan nanti banyak cobaan untuk kisah cinta kita
               Jangan cepat menyerah, kau punya aku, ku punya kamu
               Selamanya akan begitu…
    Saya pernah nonton pensi yang diadakan anak SMA dengan bintang tamu yang diundang Tulus. Saya benci banget waku itu, bukan cemburu karena tiap anak perempuan yang lihat Tulus nyanyi teriak histeris, tapi pas Tulus nyanyi Teman Hidup, kebetulan malam minggu dan hujan juga diluar, setiap pengunjung yang datang bersama pacarnya semuanya rangkul-rangkulan. Nyesek boy.

  7. Resah
    Parararara Parararara Parararara Pararara~
    pada bagian intro tiba-tiba ada seonggok lelaki dengan suara parau yang bernyanyi seperti itu, selintas saya membayangkan orang yang sedang sakit hati, mabuk, jalan sempoyongan sambil bawa botol bir. Ini sebenarnya lagu apaa..
    Kekagetan saya tambah menjadi-jadi ketika melihat music video nya di youtube, aaah gilaa ini dulunya penyanyi reage yaa. Tampilannya yang… mmm gitu lah, rambutnya yang agak gimbal-gimbal kusut benar-benar tidak mencerminkan kalo dia adalah sang penyanyi yang biasa menyanyikan lagu-lagu romantis itu. Sulit untuk mengakuinya tapi Is ini, sang vokalis, memang pria romantis yang jago bikin lirik yang puitis, manis, dan dalem. Dengan berat saya harus mengakui kalo Is adalah pria yang lebih romantis dibandingkan dengan Marli Haza, teman kuliah saya, yang waktu tingkat satu dijuluki The Romantic Boy.
    Untuk lagu yang dimasukan kedalam list lagu yang didengarkan saat hujan saya memilih lagu Resah. Ini favorit saya memang.
               Aku ingin berjalan bersamamu
               Dalam hujan dan malam gelap
               Tapi aku tak bisa, melihat matamu
  8. I Wan Tell You
    Pas hujan sih menurut saya tidak harus selalu mendengarkan lagu yang menyenye dan mendayu-dayu, kadang harus diselipkan lagu yang ceria tapi tetap enak didengarkan pada saat hujan, maka dari itu saya masukan lagu dari funny little dream ini.
    Funny Little Dream merupakan duo pop indie dari Jakarta yang beranggotakan Pepi dan Ganesha.  Menurut halaman blognya Funny Little Dream sempat merilis EP (mini album) lewat label indie pop asal Amerika Serikat, dan ikutan album kompilasi besutan label indie Jerman pada 2008 lalu.
    Well, lagu I Want Tell You sangat berceritakan tentang kisah cinta anak SMA, dimana si cowok jatuh cinta kepada si cewek, sedangkan yang diinginkan si cewek hanya agar si cowok menjauh. Lirik-lirik yang sederhana yang menceritakan tentang melankolia percintaan remaja masih mendominasi keseluruhan lagu di album Funny Little Dream. Kalo denger ini suka nyengir-nyengir sendiri inget masa-masa pacaran jaman SMA. Sangat dianjurkan untuk didengarkan saat hujan :D

    image

  9. Kisah dari Selatan Jakarta
    Lagu ini dibuat oleh Narpati Awangga atau lebih kenal dengan Oomleo, vokalis Goodnight Electric. Lagu ini saya dengar pertama kali pas minggu-minggu sebelum diwisuda, sekitar Oktober 2011, makanya setiap kali saya dengarkan lagu ini selalu inget kampus bintaro tercinta. Oiya, saat wisuda, saya dihadiahi CD album Vakansi-nya White Shoes And The Couples Company oleh mantan saya. Lagu ini yang paling sering saya dengarkan. Lagunya yang sendu enak didengarkan saat hujan, jadi inget masa-masa kuliah dulu.
    Tidak hanya menciptakan lagu, Oomleo juga ikut bernyanyi bersama WSATCC dalam lagu ini. Justru suara rendah oomleo pada bagian ”Jika ada yang bertanya, oh ini kisah tentang apa…” menjadi part terbaik dalam lagu ini, menurut saya.
               Ijinkan hamba menutur sebuah cerita
               Yang terpenggal di Selatan Jakarta
               Bukan gegap gempita, serta baik buruk sarana
               Tiada angan hampa penuh peluh ataupun nestapa
  10. You
    Menurut saya, You adalah salah satu dari beberapa lagu Mocca yang enak banget didengerin bersama pacar. Lagu yang diambil dari album Colours ini mempunyai nadanya yang lembut dan liriknya yang romantis bener-bener pas untuk didengarkan saat hujan bersama pacar.
               It’s you yes it’s you that I adore
               It’s you who makes my life colourfull
    Meskipun sekarang gak bisa dengerin lagu ini berdua sama pacar, dengerin lagu ini sendirian sambil ditemenin teh hangat sama sekali tidak mengurangi keindahannya kok. #eaaa Forever Alone.


    #Additional Songs:
  11. Patrick Watson - Noisy Sunday
  12. The XX - VCR
  13. Twin Sister - Lady Daydream
  14. Gregory and The Hawk - Boats and Birds
Oke that’s all
Sekali lagi, semua lagu yang masuk dalam list  ini secara keseluruhan didasarkan selera penulis, kenapa lagu ini dan lagu itu nggak masuk? Bukan sesuatu yang harus diperdebatkan, Anda bikin saja list-nya sendiri.Menurut saya musik itu seperti buah, ga’ perlu alasan untuk suka. It just about like and dislike

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management